Apa itu Listrik?

Training Petugas K3 Listrik yang diadakan di Bandung – Jakarta.

Mengapa training K3 Listrik itu penting? Mengapa listrik sangat berpengaruh terhadap manusia? Sebenarnya apa itu listrik? Mari kita telusuri mengenai listrik lebih dekat lagi.

Apa itu listrik?
Kita menggunakan listrik kehidupan sehari-hari. Tanpa itu kita tidak akan bisa menonton tv, mendengarkan radio, memiliki air panas, menggunakan microwave untuk memanaskan makanan kita dan banyak hal lain yang kita lakukan setiap hari.

Pertama Anda harus tahu apa atom. Sebuah atom adalah bagian terkecil dari sesuatu. Hal ini mikroskopis dan setiap hal terdiri dari atom.

Atom terdiri dari tiga bagian. Ada:

  • Proton, ini bagian dari atom memiliki muatan positif. Mereka berada di tengah-tengah atom, yang disebut inti dan mereka tidak bergerak.
  • Neutron, ini bagian dari sebuah atom tidak memiliki muatan. Mereka netral dan bagian dari inti atom dengan proton.
  • Elektron, ini bagian dari atom yang sangat kecil dan berat jauh lebih sedikit maka proton dan neurtons. Elektron bukan bagian dari inti atom, sebaliknya mereka bergerak di sekitar orbit di luar inti. Elektron adalah satu-satunya bagian dari atom yang bergerak.

Jadi, apa ini harus dilakukan dengan listrik?
Listrik adalah aliran elektron bergerak. Ketika elektron mengalir itu disebut arus listrik.

Untuk memahami mengapa elektron mengalir Anda perlu memahami bahwa atom dapat kehilangan elektron dengan menggosok terhadap materi yang lain. Pikirkan ketika Anda menggosok kepala Anda terhadap balon. Percaya atau tidak, rambut Anda benar-benar mendapatkan beberapa elektron dari balon. Karena rambut Anda memiliki lebih elektron maka proton, kita katakan itu dibebankan negatif.

Tapi bagaimana balon? Nah balon memiliki lebih proton daripada elektron sehingga bermuatan positif.

Sekarang kita tahu benda dapat memiliki muatan positif atau negatif. Ada 3 aturan utama tentang muatan listrik:

Seperti biaya mengusir
Jadi, jika Anda dan teman Anda menggosok balon di kepala Anda dan kemudian mencoba untuk tetap balon bersama-sama mereka akan mengusir atau mendorong menjauh dari satu sama lain karena mereka berdua memiliki muatan yang sama.

Tidak seperti benda bermuatan menarik Sejak rambut Anda memiliki muatan positif dan balon memiliki muatan negatif, mereka tertarik satu sama lain. Jenis seperti magnet mencoba untuk tetap bersama-sama.

Benda bermuatan akan menarik sebuah benda bermuatan Jadi balon adalah diisi dan dinding tidak memiliki biaya. Ini berarti dinding tertarik pada balon.

Mengetahui tiga aturan ini Anda bisa memikirkan garis siang penuh anak laki-laki. (Berpura-pura anak laki-laki memiliki muatan negatif.) Seorang gadis datang ke garis depan. (Gadis itu memiliki muatan positif.) Anak-anak tertarik atau mencoba untuk mendapatkan sedekat mungkin dengan gadis itu. Anak-anak semua mulai mendorong anak itu di depannya lebih dekat dengan gadis itu dan untuk menjauh dari anak-anak lain. Ini adalah bagaimana elektron mengalir. Negatif biaya (elektron) bergerak karena mereka ditolak oleh elektron lain dan karena mereka tertarik dengan muatan positif (proton).

Elektron mengalir membuat listrik, tapi bagaimana kita bisa menggunakannya?

Anda perlu tiga hal untuk membiarkan Anda menggunakan ini arus listrik: sirkuit atau jalan bagi elektron untuk bergerak melalui, sumber daya, atau sesuatu yang akan membuat elektron bergerak, seperti baterai atau generator, dan sesuatu yang bisa digunakan listrik, seperti bola lampu atau tv.
Sumber daya menyebabkan arus listrik yang melewati suatu rangkaian atau lintasan tertutup, dan alat terhubung ke sirkuit sehingga elektron dapat bergerak melalui itu dan membuat pekerjaan alat.

Jika Anda bekerja pada dunia K3 listrik, tetapi pengalaman Anda dibidang K3 listrik masih belum banyak, tidak ada salahnya untuk belajar secara otodidak melalui internet untuk meningkatkan kualitas dan pengetahuan Anda sesuai dengan kebutuhan dan bidang pekerjaan Anda. Atau bisa juga dengan mengikuti kelas-kelas singkat atau mengikuti pelatihan-pelatihan Ahli K3 Listrik atau Petugas K3 Teknisi Listrik yang sudah banyak bermunculan sekarang-sekarang ini.

Salah satunya adalah PT. Titian Media Cendekia, yang menyediakan jenis-jenis pelatihan electrical yang sudah bersertifikasi DEPNAKER RI. Diantaranya adalah training Petugas K3 Listrik dan Ahli K3 Listrik. Bagi Anda yang ingin meningkatkan karir dibidang listrik, tentu sertifikasi dari DEPNAKER RI tersebut sangat berpengaruh pada karir Anda. Anda bisa memakai sertifikat tersebut untuk melamar kerja di perusahaan yang gajinya bisa lebih tinggi dari perusahaan Anda sebelumnya, atau Anda dapat menaikkan jabatan Anda menjadi lebih tinggi dan dengan gaji yang lebih tinggi pula.

Incoming search terms:

  • apa itu listrik
  • apa itu training
  • apa sebenarnya listrik mengapa kita bisa menggunakannya dan apa manfaatnya
  • yhsm-plushome_001