Training K3 Welding – Aplikasi Pengelasan (Welding Application)

APPLIKASI PENGELASAN (WELDING APPLICATION)

Pendahuluan.
Dalam Training K3 Juru Las SMAW dan GTAW, diberikan materi mengenai Aplikasi Pengelasan atau Welding Application. Teknologi proses pengelasan didunia industri peralatan pabrik, konstruksi dan instalasi khususnya material yang terbuat dari logam sangat banyak diaplikasikan. Proses las SMAW merupakan proses las yang paling banyak digunakan/dipakai, karena SMAW dapat dipergunakan buat semua pekerjaan terutama untuk pekerjaan dilapangan.
Peralatan pada proses pengelasan ini cukup sederhana, bisa dibawa kemana-mana, tidak mahal. SMAW merupakan proses las terbesar yang digunakan pada berbagai macam pekerjaan perawatan, perbaikan terutama pada bengkel produksi sekala kecil dibandingkan dengan industri pemanufaktur yang bermodal besar, juga sering dipakai untuk assembling bersama proses pengelasan lain.

Industri Tangki Penyimpan.
SMAW merupakan proses las yang sering dipakai pada pembuatan tangki baik yang besar maupun yang bersekala kecil. Tangki-tangki ini pada umumnya dibangun dari material baja karbon, juga dari jenis material lain seperti stainless steel, aluminium dll. Tangki penyimpan banyak digunakan untuk menyimpan minyak, LNG, cairan kimia, air dll.

Industri Bejana Tekan dan Boiller.
Proses pengelasan SMAW banyak dipakai untuk produk pembuatan Bejana Tekan maupun Boiller, baik yang bertekanan tinggi maupun rendah dan berbagai jenis material.

Industri Pipa.
Proses las SMAW juga merupakan proses pengelasan yang sangat banyak digunakan di industri pemipaan, dengan bermacam-macam jenis pipa bertekanan,berbagai diameter dan ketebalan, untuk pengelasan root pass biasanya menggunakan elektroda E6010,E7010 sedangkan untuk filler/pengisian menggunakan elektroda E7018 atau E7016.

Industri Struktur.
Suatu konstruksi bangunan, jembatan banyak menggunakan konstruksi dari baja khususnya untuk bangunan bertingkat tinggi banyak sekali menggunakan proses las SMAW .
Industri-industri lainnya juga banyak menggunakan proses las SMAW, seperti : Perkapalan, Transfortasi, Alat Berat, Permesinan, Perawatan dan Perbaikan.       

Semua proses pengelasan diatas pada umum nya menggunakan material baja karbon. Untuk selengkapnya, bisa di cek disylabus Training K3 Juru Las SMAW dan Training K3 Juru Las GTAW Kelas 1, 2 dan 3.

Incoming search terms:

  • aplikasi pengelasan
  • aplikasi welding
  • aplikasi las smaw di industri
  • app pengelasan
  • k3l pada industri welding
  • aplikasi proses pengelasan
  • aplikasi pengela
  • aplikasi las
  • aplikasi las smaw
  • welding aplikasi