Kegiatan Training K3 Operator Boiler Kelas 1 bulan Maret 2016

Kegiatan Training K3 Operator Boiler Kelas 1 pada tanggal 21 s.d 29 Maret 2016 yang diadakan di Jakarta dan Bandung. Training K3 Operator Boiler Kelas 1 ini diadakan untuk memberikan keterampilan dan ilmu pengetahuan mengenai teknik pengoperasian ketel uap atau pesawat uap secara benar, aman, mengikuti peraturan undang-undang di bidang K3 (Keselamatan dan kesehatan kerja) yang berlaku. Training K3 Operator Boiler Kelas 1 ini selalu running disetiap bulannya, mengingat banyaknya operator mesin boiler yang belum memiliki sertifikat dan SIO dari Depnaker.

Dalam pelatihan K3 Operator Boiler Kelas 1 ini, peserta akan diberikan materi mengenai Undang – Undang No 1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja, Kebijakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Undang – Undang dan Peraturan Uap tahun 1930, Permenaker No. 01/MEN/1988 tentang Kualifikasi dan Syarat – syarat Operator Pesawat Uap, Dasar – Dasar K3, Jenis Pesawat Uap dan Cara Kerjanya, Cara Pengoperasian Pesawat Uap, Fungsi Appendages/Perlengkapan Pesawat Uap, dan materi teknis lainnya. Pemateri dalam Training K3 Operator Boiler Kelas 1 ini didatangkan dari Depnaker dan Praktisi dari POLBAN (Politeknik Negeri Bandung) yang sudah sangat berpengalaman di bidangnya.

Pada hari ke 5, peserta Training K3 Operator Boiler Kelas 1 akan diajak ke Bandung mengunjungi Laboratorium Teknik Energi di POLBAN untuk plant visit, disana peserta Training K3 Operator Boiler Kelas 1 akan diajak melihat mesin boiler yang ada disana. Peserta Training K3 Operator Boiler Kelas 1 pun akan diajak untuk mengoperasikan mesin ketel uap atau mesin boiler tersebut, dengan dibimbing oleh instruktur praktisi disana. Peserta Training K3 Operator Boiler Kelas 1 ini bebas mengoperasikan mesin ketel uap atau mesin boiler disana dengan diarahkan oleh instruktur.

Peserta Training K3 Operator Boiler Kelas 1 ini dinyatakan lulus, jika dalam segi nilai (teori & praktek), keaktifan peserta selama pelatihan, absen, dan attitudenya baik atau sesuai dengan standard yang sudah ditetapkan Depnaker. Setelah dinyatakan lulus, peserta Training K3 Operator Boiler Kelas 1 ini akan mendapatkan sertifikat dan SIO yang dikeluarkan oleh Depnaker yang berlaku selama 5 tahun untuk SIO nya. Jika sudah expired, peserta bisa mengikut training kembali atau diperpanjang di tempat penyelenggara training sebelumnya atau di training provider lain yang menyediakan jasa perpanjangan dokumen. Perusahaan yang mengikuti Training Operator Boiler Kelas 1 pada tanggal 21 s.d 29 Maret 2016 ini datang dari berbagai perusahaan, diantaranya adalah rombongan dari PT. Indonesia Power UPJP Priok, Pusat Penelitian Kimia LIPI, PT. Kievit Indonesia, PT. Asia Pacific Fibers Tbk, dan JFE Steel Galvanizing Indonesia.

 

Incoming search terms:

  • adakah perpanjangan sertifikat kerja boiler/ketel uap?
  • cara perpanjang sio operator pesawat uap
  • prosedur perpanjang sio ketel uap