Kegiatan Training K3 Operator Boiler Kelas 2, Maret 2016

Kegiatan Training K3 Operator Boiler Kelas 2, Maret 2016 di Jakarta & Bandung

Training K3 Operator Boiler Kelas 2 yang diadakan pada tanggal 21 s.d 26 Maret 2016 diadakan di Jakarta dan Bandung ini, berlangsung dengan lancar dan sukses. Training K3 Operator Boiler Kelas 2 bertujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan tentang teknik pengoperasian pesawat uap atau ketel uap secara aman, benar, dan mengikuti peraturan standar yang telah ditetapkan di K3 di Indonesia. Kegiatan Training K3 Operator Boiler Kelas 2 ini rutin diadakan selama 1 bulan sekali, dan selalu confirm running.

Peserta Pelatihan K3 Operator Boiler Kelas 2 ini diberikan beberapa materi mengenai Permenaker No. 01/MEN/1988 tentang Kualifikasi dan Syarat – syarat Operator Pesawat Uap, Undang – Undang dan Peraturan Uap tahun 1930, Dasar – Dasar K3, Undang – Undang No 1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja, Kebijakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Cara Pengoperasian Pesawat Uap, Jenis Pesawat Uap dan Cara Kerjanya, dan materi teknis lainnya. Instruktur yang mengajar kami datangkan dari Depnaker, dan praktisi dari Politeknik Negeri Bandung (POLBAN) yang sangat berpengalaman dibidangnya.

Biasanya pada hari ke 5, peserta Training K3 Operator Boiler Kelas 2 ini akan mengadakan Plant Visit ke Laboratorium Teknik Energi, Politeknik Negeri Bandung (POLBAN). Peserta Training K3 Operator Boiler Kelas 2 ini akan diajak mengoperasikan, dan meneliti mengenai mesin boiler atau ketel uap disana. Dengan dibantu oleh Tim Polban, peserta Training K3 Operator Boiler Kelas 2 akan diajak untuk mengaplikasikan materi di teori langsung di tempat prakteknya.

Untuk dapat dinyatakan lulus pada Training K3 Operator Boiler Kelas 2 ini, peserta Training K3 Operator Boiler Kelas 2 akan dinilai dari segi nilai (teori & praktek), keaktifan peserta selama pelatihan, absen, serta attitude peserta yang baik. Jika semua sudah sesuai dengan minimum standard nilai yang ditetapkan oleh Depnaker, maka peserta Training K3 Operator Boiler Kelas 2 dinyatakan lulus, dan berhak mendapatkan sertifikat dan SIO yang dikeluarkan oleh Depnaker RI. SIO berlaku selama 5 tahun, jika sudah expired maka pilihannya ada 2, bisa memperpanjang saja atau dengan mengikuti Training K3 Operator Boiler Kelas 2 refresh. Perusahaan yang mengikuti Training K3 Operator Boiler Kelas 2 untuk bulan Maret 2016 ini datang dari berbagai perusahaan, yaitu dari PT. Yerry Primatama Hosindo, PT. TD Automotive Compressor Indonesia, PT. Suryaraya Rubberindo Industries, PT. Clariant Indonesia, CV. Berkat Anugrah, PT. Star Rubber, PT. Mustika Ratu Tbk, dan PT. Tuntex Garment Indonesia.