Kegiatan Training Operator Boiler Kelas 2

Kegiatan Training Operator Boiler Kelas 2 tanggal 18 s.d 23 Januari 2016 di Jakarta dan Bandung.

Training Operator Boiler Kelas 2 yang diadakan di Jakarta dan Bandung pada tanggal 18 s.d 23 Januari 2016 sudah berjalan dengan baik. Peserta Training Operator Boiler Kelas 2 sudah menjalani training selama 6 hari. Pelatihan ini bertujuan agar peserta training mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dalam teknik pengoperasian pesawat uap secara aman, benar dan sesuai dengan peraturan perundangan di bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang berlaku. Pelatihan Operator Boiler Kelas 2 ini diisi dengan teori, diskusi, simulasi dan praktek lapangan yang akan dibantu instruktur dari Kemenaker RI dan para praktisi profesional. Pelatihan dengan ujian teori dan praktek untuk mendapatkan Surat Ijin Operasi (SIO).

Selama pelatihan, peserta Training Operator Boiler Kelas 2 ini diberikan materi mengenai Undang – Undang dan Peraturan Uap tahun 1930, Permenaker No. 01/MEN/1988 tentang Kualifikasi dan Syarat – syarat Operator Pesawat Uap, Kebijakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Undang – Undang No 1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja, Dasar – Dasar K3, Cara Pengoperasian Pesawat Uap, Fungsi Appendages/Perlengkapan Pesawat Uap, Jenis Pesawat Uap dan Cara Kerjanya,  dan materi lainnya yang sudah dipersiapkan kurikulumnya oleh Kemenaker RI. Pada hari ke 5, peserta akan diajak ke Bandung untuk melakukan praktek di Laboratorium Energi Politeknik Negeri Bandung (POLBAN). Peserta Training Operator Boiler Kelas 2 akan praktek langsung dengan mesin boiler yang ada disana.

Peserta Training Operator Boiler Kelas 2 yang sudah dinyatakan lulus training, mendapatkan sertifikat dan SIO Boiler yang dikeluarkan dari Kemenaker RI. Peserta dinyatakan lulus jika secara nilai test teori, keaktifan, attitude dan hasil ujiannya sudah memenuhi nilai standard minimal yang ditetapkan oleh Depnaker RI. Perusahaan yang mengikuti Pelatihan Operator Boiler Kelas 2 di bulan Januari 2016 ini datang dari berbagai perusahaan, diantaranya adalah dari PT. Gold Coin Specialities, PT. Sanko Steel Indonesia, BPPT, dan CV. Amanda Brownies.