Kegiatan Training Regu Kebakaran Kelas C (Fire C)

Training Regu Kebakaran Kelas C (Fire C)

Training Regu Kebakaran Kelas C adalah training yang ditujukan untuk seorang petugas atau regu kebakaran. Training tersebut bertujuan untuk mencegah kebakaran, memelihara dan memeriksa sarana untuk pencegahan kebakaran, memadamkan kebakaran tingkat lanjut, dan diharapkan peserta dapat menyelamatkan dan memberikan pertolongan kepada korban kebakaran. Pelatihan petugas kebakaran kelas c atau fire c ini adalah lanjutan dari training petugas k3 kebakaran kelas d. Training ini diadakan setiap 1 kali dalam sebulan, dan setiap bulannya kami mempunyai jadwal pelatihannya. Training petugas k3 kebakaran kelas c ini bersertifikasi Kemenaker RI dan mempunyai kartu lisensi fire c.

Training petugas kebakaran kelas c ini memiliki durasi sekitar 5 hari. Pada hari pertama, peserta akan diberikan teori dari instruktur Kemenaker mengenai undang-undang dan standarisasi mengenai kebakaran. Hari kedua sampai keempat, peserta training petugas k3 kebakaran kelas c ini akan diberikan teori teknis mengenai kebakaran dan pengenalan mengenai api, alat-alat yang dibutuhkan saat memadamkan api seperti hydrant, sprinkle dll, dan cara evakuasi korban kebakaran.

Hari kelima, peserta training petugas k3 kebakaran kelas c akan diperkenalkan alat-alat kebakaran secara langsung, dan peserta akan melakukan praktek pemadaman untuk api besar. Simulasinya diadakan di gedung yang terbakar, atau truk yang terbakar dan peserta diharapkan dapat menyelamatkan boneka yang diibaratkan sebagai korban kebakaran.