LAMPIRAN I : Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industri dan Pengawasan Ketenagakerjaan
NOMOR : KEP.407/BW/1999
TANGGAL : 02 NOVEMBER 1999
KLASIFIKASI, KUALIFIKASI, KOMPETENSI, PERSYARATAN
PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN KERJA TEKNISI LIFT
NO. | KLASIFIKASI | PERSYARATAN | KUALIFIKASI | KOMPETENSI | |
PENDIDIKAN FORMAL | PENGALAMAN KERJA | ||||
1. | 2. | 3. | 4. | 5. | 6. |
1 | Penyelia/Pengawas Pemasangan |
• Serendah-rendahnya STM Mesin, Listrik, Sipil. |
Pengalaman sebagai pemasang lift sekurang- kurangnya 3 (tiga) tahun. |
• Mampu memimpin dan mengkoordinator sejumlah tenaga kerja lift. |
• Memimpin/mengkoordinir kegiatan pemasangan. |
• SMU IPA | • Menguasai analisis mekanikal & dasar kelistrikan. |
• Mengambil tindakan korektif/pencegahan dalam keadaan darurat. |
|||
• Menguasai peraturan perundang-undangan dan standar K3 lift. |
|||||
• Mempunyai kemampuan manajerial. |
|||||
2 | Teknisi Perawatan dan atau Perbaikan |
• Serendah-rendahnya STM Mesin, Listrik. |
Pengalaman di bidang pemasangan/perbaikan/ perawatan sekurang kurangnya 2 (dua) tahun. |
• Menguasi ilmu dan teknologi lift. |
Melaksanakan pekerjaan perawatan dan perbaikan. |
• Menguasai peraturan perundang – undangan dan standar K3. |
• Berwenang enggantikan dan memodifokasi lift. |
||||
• Mampu melaksanakan perbaikan dan perawatan. |
• Berwenang menghidupkan dan mematikan lift dalamkeadaan darurat. |
||||
3 | Teknisi/Adjuster/ Komisioning |
• STM Mesin, Listrik. | Pengalaman di bidang pemasangan dan atau perbaikan & perawatan lift sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun |
• Menguasi ilmu dan teknologi lift. |
• Menguasi ilmu dan teknologi lift. |
• SMU IPA | • Menguasai peraturan | • Menguasai peraturan perundang-undangan dan standar K3. |
|||
• Mampu melaksanakan pekerjaan penyetelan / adjusting, komisioning, riksa uji. |
|||||
• Mampu melaksanakan modifikasi sistem atau perawatan. |
|||||
• Mampu menguasai standar keamanan perasi lift. | |||||
4 | Penyelia/Pengawas Operasi Lift |
• Serendah-rendahnya STM Mesin, Listrik, Sipil. |
• Pengalaman kerja pada bagian engineering sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun. | • Mampu melaksanakan pekerjaan engineering. |
Memimpin/mengkoordinir operasi lift |
• Serendah-rendahnya STM Mesin, Listrik, Sipil. |
Pengalaman sebagai pengawas operasi. |
• Menguasai peraturan perundang-undangan dan standar K3. |
• Berwenang menghidupkan dan mematikan lift dalam keadaan darurat. |
||
Mampu menguasai standar keamanan operasi lift. |
|||||
• Menguasai prosedur penyelamatan dalam keadaan darurat. |
Ditetapkan di Jakarta
Pada tanggal 2 November 1999
DIREKTUR JENDERAL
PEMBINAAN HUBUNGAN INDUSTRIAL
DAN PENGAWASAN KETENAGAKERJAAN
ttd.
MOHD. SYAUFII SYAMSUDDIN
NIP. 160008975
LAMPIRAN II : Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industri dan Pengawasan Ketenagakerjaan
NOMOR : KEP.407/BW/1999
TANGGAL : 02 NOVEMBER1999
KURIKULUM, SILABI DAN JUMLAH PELAJARAN TEKNISI LIFT
NO | MATA PELAJARAN | JAM PELAJARAN | Evaluasi
(jam) |
TEKNISI | KET. | ||||
Teori (jam) |
Praktek (jam) |
Penyelia Pemasangan (jam) |
Perawatan dan Perbaikan (jam) |
Penyetel (Adjuster) (jam) |
Penyelia Operasi (jam) |
||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 |
I | Mata Pelajaran Dasar Umum (MPDU) | ||||||||
1 | Keselamatan dan Kesehatan Kerja | 4 | – | – | 4 | 4 | 4 | 4 | |
a. Pengertian b. Sebab Kecelakaan c. Akibat Kecelakaan d. Identifikasi Sumber Bahaya e. Pencegahan Kecelakaan f. Analisis dan Pelaporan Kecelakaan Kerja |
|||||||||
2 | Peraturan Perundang-undangan dan Standar Nasional Indonesia tentang lift. |
4 | – | – | 4 | 4 | 4 | 4 | |
a. Undang-undang No. 3 Tahun 1970 b. Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. 1/MEN/1999 tentang Syarat-syarat K3 Lift untuk Pengangkutan Orang dan Barang c. Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. 04/MEN/1988 tentang Pemberlakuannya SNI No. 225/1987 mengenai PUIL 1987 di Tempat Kerja |
|||||||||
3 | Sistem Manajemen K3 (SMK3) | 2 | – | – | 2 | 2 | 2 | 2 | |
a. Pengertian b. Latar Belakang c. Ruang Lingkup d. Prinsip Dasare. Pelaksanaan f. Audit |
|||||||||
4 | Persiapan Pemasangan | 4 | – | – | 4 | – | 4 | – | |
a. Survey Lapangan b. Logistik c.Pengorganisasian, Pengadministrasian dan Penjadwalan d. Membaca Gambar Rencana e. Koordinasi dengan Manajemen Konstruksi |
|||||||||
II | Mata Pelajaran Kejuruan (MPK) | ||||||||
1 | Pengetahuan Dasar Umum | 4 | – | – | 4 | 4 | – | 4 | |
a. Jenis-jenis Lift b. Motor Penggerak c. Mesin dan Tipe Kontrol d. Sistem Pengaman Lift |
|||||||||
2 | Pengetahuan Dasar Teknis Pesawat Lift | 4 | – | – | 4 | 4 | 4 | 4 | |
a. Traksi dan Slip b. Tarikan dan Gulungan c. Faktor Keamanan d. Ketidakseimbangan (over balance) e. Efisiensi Energi f. Pengetahuan Tali Baja |
|||||||||
3 | Metoda Pemasangan/Perakitan | 4 | – | – | 4 | 4 | – | – | |
a. Urutan Kerja b. Pemasangan Bagian-bagian Lift |
|||||||||
4 | Pengawatan (Wiring) Lift | 4 | – | – | 4 | 4 | 4 | – | |
a. Pengawatan Alat Kontrol b. Traveling Cable c. Pengawatan Dalam Kereta d. Pengawatan Dalam Ruang Luncur |
|||||||||
5 | Pemeriksaan dan Pengujian | 4 | – | – | – | 4 | 4 | – | |
a. Prosedur Kerja b. Pengujian Alat Pengaman c. Pengujian Unjuk Kerja d. Trouble Shooting (gangguan teknis) |
|||||||||
III | Mata Pelajaran Penunjang (Mpp) | ||||||||
1 | Praktek Kerja Lapangan | – | 4 | – | 4 | 4 | – | – | |
a. Teknik Penyambungan Tali Baja; b. Mengukur Dan Menyetel Tali Baja; c. Prosedur Memperpendek Tali Baja. |
|||||||||
2 | Praktek Kerja Pemariksaan dan Pengujian | – | 4 | – | – | – | 4 | 4 | |
3 | Praktek Pengawatan | – | 4 | – | 4 | 4 | – | – | |
4 | Manajemen Operasi | 4 | – | – | 4 | – | – | – | |
a. Perencanaan Program/Proyek b. Pelaksanaan Program/Proyek c. Pengorganisasian d. Pengawasan e. Pelaporan |
|||||||||
5 | Rencana dan Prosedur Tanggap Darurat/Kebakaran | 2 | – | – | – | – | – | 2 | |
a. Lift Kebakaran b. Operasi Lift |
|||||||||
6 | Perawatan Lift | 2 | – | – | – | 2 | – | 2 | |
JUMLAH JAM | 42 | 12 | 4 | 42 | 40 | 30 | 26 |
Ditetapkan di Jakarta
Pada tanggal 2 November 1999
DIREKTUR JENDERAL
PEMBINAAN HUBUNGAN INDUSTRIAL
DAN PENGAWASAN KETENAGAKERJAAN
ttd.
MOHD. SYAUFII SYAMSUDDIN
NIP. 160008975