Pelatihan K3 Petugas Listrik : Identifikasi Bahaya Listrik (3)

Pelatihan K3 Petugas Listrik : Identifikasi Bahaya Listrik (3)

Pelatihan K3 Petugas Listrik atau Pelatihan K3 Teknisi Listrik adalah training berdurasi 5 hari (sesuai ketentuan Kemnaker atau Depnaker RI) yang bersertifikasi Kemnaker atau Depnaker RI untuk para teknisi atau seseorang yang bekerja yang berhubungan dengan listrik agar menambah ilmu pengetahuan mengenai evaluasi, investigasi dan hal-hal yang berhubungan dengan K3. Pelatihan K3 Petugas Listrik atau Pelatihan K3 Teknisi Listrik ini diadakan setiap bulan di Jakarta dan Bandung. Instruktur yang mendampingi didatangkan dari Kemnaker atau Depnaker RI dan praktisi yang sudah sangat ahli dibidangnya. Tidak ada persyaratan mutlak minimal pendidikan untuk bisa mengikuti Pelatihan K3 Petugas Listrik atau Pelatihan K3 Teknisi Listrik ini, siapa saja dipersilahkan mengikuti jika memang kompeten dibidangnya.

Ada banyak materi yang akan diberikan saat Pelatihan K3 Petugas Listrik atau Pelatihan K3 Teknisi Listrik ini, diantaranya adalah mengenai Peraturan Perundangan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Dasar – dasar Keselamatan dan Kesehatan Kerja Listrik, Dasar – dasar Teknik Instalasi Listrik, Identifikasi Bahaya Listrik, Sistem Pengamanan, Persyaratan Instalasi Listrik Ruang Khusus, Sistem Proteksi Bahaya Petir, Klasifikasi Pembebanan, Pengukuran Listrik (teorik & praktek), Pertolongan Pertama Kecelakaan Listrik dan diakhir akan ada Evaluasi dari instruktur. Materi spesifik lainnya pada Pelatihan K3 Petugas Listrik atau Pelatihan K3 Teknisi Listrik adalah mengenai Akibat Bahaya Listrik, yaitu mengenai bahaya hubung pendek.

Bahaya Hubung Pendek adalah bahaya yang diakibatkan adanya hubungan pendek antar bagian aktif (Phase to Phase) atau antara bagian aktif dengan netral (Phase to Neutral). Penyebab terjadinya hubung pendek antara lain karena kelalaian manusia, kegagalan atau kerusakan Isolasi akibat tekanan mekanis, pengaruh termis ataupun kimia, timbul tegangan tinggi yang melampaui batas akibat petir, cara pemasangan isolasi yang kurang baik dan gangguan external. Dampak dari Hubung Pendek adalah terjadinya pemadaman, dan temperatur tinggi pada peralatan/penghantar jika peralatan pengaman tidak bekerja. Hal yang lebih detail nantinya akan dibahas pada Pelatihan K3 Petugas Listrik atau Pelatihan K3 Teknisi Listrik.

Selengkapnya, bisa cek sylabus Pelatihan K3 Petugas Listrik  disini.