Standard Operating Procedure (SOP)

OVERVIEW
Keberhasilan perusahaan dalam menjalankan aktifitas usaha perlu ditunjang dengan Komitmen Manajemen yang prima, serta adanya sistem manajemen yang rapi dan memadai. Para karyawan memiliki kedudukan dan fungsi yang sangat vital dalam perusahaan sebagai pelaksana kegiatan operasional. Ketika menjalakan tugasnya, para karyawan perlu memahami standar kerja yang baik dan jelas agar tidak terjadi penyimpangan dalam melaksanakan kegiatan operasional. Oleh karena itu dibutuhkan Standard Operating Procedure (SOP) yang tepat sebagai acuan dalam melaksanakan pekerjaan. Dengan adanya SOP yang tepat dan jelas para karyawan dapat menghasilkan produk maupun jasa yang berkualitas sesuai dengan keinginan pelangan. Dengan demikian jelas bahwa Standard Operating Prosedur merupakan acuan kerja yang dapat dijadikan standar kerja di setiap bagian, sehingga tugas-tugas karyawan dapat diselesaikan dengan baik, efektif & efisien.

Pelatihan ini sangat baik untuk diikuti olah para staf atau tim perusahaan yang bertanggung jawab dalam menyusun SOP dengan tujuan untuk meminimalisir tingkat penyimpangan dari standar hasil yang dipersyaratkan.

TUJUAN DAN MANFAAT
Pelatihan ini bertujuan untuk member pencerahan bagi para peserta pelatihan perihal SOP dan proses penyusunannya, serta masalah-masalah yang sering terjadi sehubungan dengan pelaksanaan pekerjaan dan bagaimana menyelesaikannya.
Sedangkan manfaat yang bisa diperoleh peserta pelatihan antara lain:

  • dapat memahami definisi dan pentingnya SOP
  • dapat memahami siklus pemecahan masalah yang berkaitan dengan proses pelaksanaan tugas
  • dapat menyusun SOP yang tepat dan jelas
  • dapat mengimplementasikan hasil pelatihan di tempat kerja

SILABUS

  • Mengapa SOP perlu dibuat ?
  • Definisi SOP
  • SOP dan KAIZEN
  • Siklus Pemecahan Masalah RLPT
  • Memahami Proses Bisnis Internal
  • Memahami Generic Value Chain
  • Prasyarat SOP
  • Kaitan Struktur Organisasi dengan SOP
  • Struktur Organisasi dan Fungsi Organisasi
  • Posisi dan Peran Manajemen Organisasi dalam Penerapan SOP
  • Peran Fungsi Organisasi dan Kontrol dalam Penyusunan SOP yang efektif
  • Organisasi dan Operasi yang Mapan dan Matang serta SOP Efektif
  • 7 kriteria manual SOP: Khas atau spesifik (Specific), Lengkap prosedur (Complete),
  • Jelas dan mudah dipahami (Understandable), Layak-terap (Applicable), Layak-kontrol (Controllable), Layak-Audit (Auditable) dan Layak-Ubah (Changeable)
  • Unsur-Unsur SOP
  • Peran dan Manfaat SOP
  • Hubungan Kontrol Internal dan SOP
  • Hambatan Menyusun SOP
  • Praktek Menyusun SOP

Trainer I:
Eko Supriyatno, SE., MM.

Trainer II
Mohamad Rojana Hamdan, ST., MM.

Informasi & Pendaftaran

PT. UPAYA RIKSA PATRA
Ph. 021. 47882387, 47865925, 47861912
Fax. 021. 47865925
Email. upaya-riksa@centrin.net.id
CP : Eva /Nisa

Close Menu